Thursday, October 13, 2011

RES-Q (Recharge Emotional & Spiritual Quotinet)

RES-Q (baca: resqiu) merupakan serangkaian dari kegiatan pembinaan keislaman untuk mahasiswa baru yang diawali dengan Grand Opening RES-Q untuk semua mahasiswa baru Universitas Brawijaya secara terpusat, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan di fakultas, seperti Islamic Small Group Discussion (Mentoring), Pelatihan / Training Metode Belajar Cepat BAQ (Baca Al-Qur’an), Perkuliahan Bersama / seminar, dsb selama satu semester (semester ganjil). Perlu diketahui bahwa RES-Q juga berfokus pada perbaikan BAQ (Baca Al-Qur’an) untuk mahasiswa dengan menggunakan metode yang efektif.
ISGD (Islamic Small Group Discussion) atau Mentoring adalah suatu sarana aktivitas pembinaan kerohanian Islam yang intensif bagi para mahasiswa baru sebagai sentuhan awal yang memberikan nilai positif dalam rangka untuk membentuk manusia seutuhnya yang religius, berakhlaqul karimah (bermoral baik), berprestasi, dan aktif (dinamis dalam langkah).

VISI
Membangun sosok intelektual mahasiswa muslim yang bekepribadian Islamiyah (religius, moralis, berprestasi, serta aktif) yang mampu memadukan nilai-nilai dasar Dienul Islam dengan potensi kompetensi (knowledge, skill dan attitude) serta minat bakat yang dimiliki à Mencetak Mahasiswa Muslim Qur’ani, Cerdas, dan Berakhlak Mulia.   

TARGET KEGIATAN
  1. Meningkatnya motivasi dan kemampuan mahasiswa baru dalam membaca Al Qur’an, dengan titik tekan pada pemberantasan buta aksara Al Qur’an
  2. Terwujudnya sosok mahasiswa muslim yang berkepribadian dan berkompetensi dasar Islami terutama ditekankan pada : Salimul ‘Aqidah / ‘Aqidatus Salima (Aqidah yang lurus/selamat), Shahihul Ibadah (ibadah yang benar), dan Matinul Khuluq (akhlak yang kokoh)
  3. Terbentuknya ukhuwah Islamiyah antara mahasiswa baru dengan civitas akademika Universitas Brawijaya
  4. Terberdayakannya potensi kompetensi (knowledge, skill, dan attitude) yang dimiliki peserta RES-Q
*      KARAKTERISTIK KURIKULUM
Karakteristik kurikulum RES-Q meliputi tiga aspek utama yaitu pembinaan potensi Ruhiyah, Fikriyah, dan Jasadiyah. Atau secara pedagogik pembinaan ini seperti halnya dalam taksonomi Bloom dimana terdapat unsur Kognitif, Afektif, dan Psikomotor.
Secara tidak langsung, kurikulum yang diberlakukan merupakan aplikasi dari ilmu yang dipelajari di perkuliahan, khususnya pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam, namun dengan karakter penyampaian yang lebih 3 F (Fun, Fresh, Focus) dan mengedepankan unsur muslim brotherhood (ukhuwah Islam)

*      PRINSIP-PRINSIP KURIKULUM
Prinsip kurikulum yang dilakukan oleh Program RES-Q adalah sebagai berikut:
1)      Bermanfaat, merupakan matari-materi yang secara riil dibutuhkan oleh mahasiswa baru untuk meningkatkan kapasitas kepribadiannya.
2)      Berbasis tujuan, ke-semua konsep, materi, ataupun silabus, semuanya dikembalikan pada tujuan awal, yakni membentuk karakter mahasiswa religius, berakhlaqul karimah (bermoral baik), berprestasi, dan aktif (dinamis dalam langkah)
3)      Berbasis Multimedia, dimana dalam penyampaian materinya dibantu dengan program/aplikasi atau tampilan yang lebih menarik, tidak hanya penyampaian yang bersifat konvensional
4)      Dinamis, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa
5)      Aplikatif, dapat dan mudah diterapkan dalam keseharian mahasiswa muslim.
6)      Menarik, memiliki nilai atraktif dan menyenangkan sehingga tidak menjadi beban bagi peserta untuk mengikutinya.
7)      Mengedepankan proses, dan
8)      Memperhatikan kompetensi mahasiswa.

*      OUT PUT KEGIATAN
            Setelah mengikuti rangkaian program pembinaan RES-Q diharapkan mahasiswa muslim :
  1. Memiliki motivasi dan kesadaran beribadah yang tinggi
  2. Mempunyai kompetensi dan budaya membaca Al Qur’an, serta mentadaburinya
  3. Memiliki motivasi menjalankan ajaran Islam secara komprehensif
  4. Memiliki etos kerja dan belajar yang tinggi, serta meyakini bahwa kuliah dengan niat ikhlas karena Allah adalah bertuk ibadah sehingga menjadi intelektual muslim yang cerdas dan responsif
  5. Mempunyai kualitas soft skill dan akhlak yang sesuai dengan nilai-nilai Islam

 PESERTA KEGIATAN
                Seluruh mahasiswa baru muslim Universitas Barawijaya

 PELAKSANA RES-Q
Tim Mentoring Pusat dan Tim Mentoring Fakultas UB

*      PARAMETER KEBERHASILAN PELAKSANAAN RES-Q
  1. Data maba terinput secara lengkap dari semua fakultas dengan tepat waktu
  2. 70%  maba aktif dalam RES-Q di 5 bulan pertama
  3.  60% maba aktif terfollow up di RES-Q lanjutan
  4. Partisipasi aktif dari mentor/astor dalam kegiatan RES-Q
  5. 70% mentee mengalami peningkatan kemampuan membaca Al-Quran (bertambah lancar, faham hukum-hukum tajwid sederhana)
  6.  30% mentee mendaftar sebagai astor/mentor
  7.   80% asisten mentor menjadi mentor di semester genap

 MONEV – Monitoring dan Evaluasi
Hal ini dilakukan agar RES-Q dapat dipantau keberhasilannya berdasarkan data yang masuk kepada tim mentoring pusat, karena dengan kondisi administrasi yang baik akan mampu mengontrol kegiatan dan kondisi mentor di masing-masing fakultas
Kegiatannya berupa evaluasi dan pengumpulan data perkembangan mentor serta pembagian lembar kontroling mentor oleh TMF dari TMP.
Mentor -->  TMF -->  TMP --> PR3, PPA, PD3
Pelaksanaan:                  
1 minggu 1X        :  TMF akan menanyakan MENTOR terkait kondisi perkembangan ISG RES-Q Pekan tersebut
1 bulan 1X           : TMP akan melaksanakan Sharing TMP-TMF terkait kondisi RES-Q Fakultas tersebut
3 bulan 1X           : TMP akan melaporkan perkembangan RES-Q Kepada PR3, PPA, PD3

Evaluasi perkembangan peserta akan dilakukan setiap pekan oleh mentor untuk memantau perkembangan peserta RES-Q dengan titik tekan penilaian pada hal berikut :
  1. Kemampuan Baca Al Qur’an dan Pemahaman Materi Dasar Keislaman
  2. Pelaksanaan Ibadah harian
  3. Keaktifan dalam Islamic Small Group
  4. Sikap & perilaku selama di kampus (cara berpakaian, bertuturkata, menyampaikan pendapat, dsb) 


PERANGKAT EVALUASI
Perangkat yang digunakan dalam mengukur perkembangan peserta RES-Q antara lain :
  1. Mentor
  2. Presensi Kegiatan
  3. Buku progress report mentee
  4. Buku evaluasi mentor
  5. Silabus & kurikulum Islamic Small Group
  6. Polling RES-Q UB

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home