Wednesday, October 12, 2011

APA ITU MENTORING ???

Ø  APA ITU MENTORING???
Menurut Wikipedia, Mentoring Agama Islam adalah kegiatan pendidikan dan pembinaan agama Islam dalam bentuk pengajian kelompok kecil yang diselenggarakan rutin tiap pekan dan berkelanjutan. Tiap kelompok pengajian terdiri atas 3-10 orang, dengan dibimbing oleh seorang Pembina(Mentor).
Sedangkan di kampus tercinta ini,Universitas Brawijaya(UB), Mentoring UB merupakan suatu sarana aktivitas pembinaan kerohanian Islam yang intensif bagi para mahasiswa baru sebagai sentuhan awal yang memberikan nilai positif dalam rangka melaksanakan fungsi perguruan tinggi untuk membentuk manusia seutuhnya yang berprestasi, aktif(dinamis dalam langkah), religius, dan berakhlakul karimah(bermoral baik).
Ø  KENAPA HARUS MENTORING???
1.        Meng-up grade pemahaman mahasiswa terhadap dienul Islam.
    Dengan mentoring, diharapkan dapat terbentuk pribadi-pribadi muslim yang punya pemahaman yang benar dan komprehensif dalam memandang agama ini ( Islam sebagai way of life, Islam is the only solution). Malu dong kalau ngaku Islam tapi gak ngerti Islam yang sebenarnya.
2.    Mentoring merupakan bentuk pembinaan yang sangat efektif untuk menumbuh kembangkan peran strategis mahasiswa, yaitu sebagai: Moral force, Iron stock, Agent of change, and Social control. Keempat aspek tersebut merupakan gambaran umum bagaimana semestinya peran mahasiswa dalam menghadirkan bangsa besar dan disegani.
3.    Karena mentoring sebenarnya adalah proses untuk “akselerasi kedewasaan”. Kedewasaan ini, bisa jadi, kedewasaan dalam memahami Islam,kedewasaan dalam berilmu sesuai pilihan kompetensinya, kedewasaan dalam mensikapi masalah, kedewasaan dalam memilih keputusan, bahkan kedewasaan dalam bergaul- mengenal karakter manusia, de-el-el.
4.   Jangan kaget kalau friendship ataupun ukhuwah yang kamu dapat lewat mentoring bisa bikin kamu terharu karena didasari oleh cinta kepada Allah. Moslem Brotherhood…sayang buat dilewatkan.
5.   Mentoring merupakan salah satu cara bagi kita untuk saling mengingatkan dalam hal kebenaran dan mencegah kemungkaran (bahasa kerennya amar ma’ruf, nahi munkar)
6.    Dengan mentoring, bisa juga sharing keilmuan à so, ilmu agama dapet, ilmu kuliah nggak ketinggalan.
7.    Karena Mentoring UB punya karakteristik Fun, Fresh, and Focus

    Tahukah kamu, bahwa orang- orang yang mampu mengubah zaman, pada masa mudanya, adalah orang- orang yang membentuk kelompok diskusi tersegmen ?  Ya mirip mentoring gini lah…. :-)
     Mentoring nggak cuma ada di UB, tapi hampir di seluruh kampus di Indonesia sudah mengenal dan mengadakannya, terutama di kampus-kampus bergengsi negeri ini walaupun dengan nama yang berbeda(tapi esensinya tetap sama) sebab sudah menjadi  salah satu kegiatan wajib untuk mahasiswa barunya. So, sayang banget kalau kamu nggak rajin ikut mentoring, bisa-bisa ketinggalan dengan mahasiswa muslim di kampus lain. Karena ilmu tak akan didapat jika kita hanya diam!
     Selain Islamic Small Group yang biasa diadakan setiap pekan, Mentoring UB juga punya beberapa event besar seperti GNOME(Grand Opening Mentoring), Mentoring Award, dan Rihlah alias rekreasi bareng. 

by Tim Mentoring Pusat UB














Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home